Home / Berita Umum / Tol Mojokerto Akan Di JAdikan Jalur Alternatif

Tol Mojokerto Akan Di JAdikan Jalur Alternatif

Tol Mojokerto Akan Di JAdikan Jalur Alternatif – Pembangunan tol Mojokerto-Kertosono belum rampung serta masih tetap tersisa seksi 2 serta 4. Tetapi, pada arus mudik lebaran kelak, tol selama 40, 5 Km ini bakal dipakai jadi jalur alternatif hindari kemacetan di By Pass Krian, By Pass Mojokerto sampai simpang tiga Bangjuri.

Kepala Divisi Pelaksana Proyek Tol Mojokerto-Kertosono PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI), Samsul Chair menyebutkan, pelaksanaan fisik di seksi 2 sekarang ini meraih 89%. Sisi ini membentang 19, 9 Km pada Desa Kedunglisari-Kecamatan Tembelang-Jombang hingga Desa Pagerluyung-Kecamatan Gedeg-Kabupaten Mojokerto. Tempatnya yang ada di dalam, memisahkan seksi 3 serta seksi 1 yang lebih dahulu dioperasionalkan.

Sesaat seksi 4 sebagai penghubung dengan tol Solo-Kertosono, lanjut Samsul, sekarang ini pelaksanaan fisiknya meraih 85%. Sisi ini membentang pada Desa Gondangmanis serta Brodot di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang selama 0, 9 Km.

” Untuk jalur mudik lebaran, kami sediakan satu jalur di seksi 2. Sekarang ini telah siap digunakan, tinggal pembersihan, persiapan rambu-rambu sesaat. Di seksi 4, untuk jalur mudiknya kami buatkan sodetan jalur ke bawah yang menghubungkan ke Kertosono, ” kata Samsul pada wartawan waktu meninjau pembangunan seksi 2, Rabu (14/6/2017).

Tol Mojokerto-Kertosono Digunakan untuk Jalur Alternatif MudikFoto : Enggran Eko Budianto
Satu lajur yang digunakan jadi jalur mudik, kata Samsul, akan diberlakukan satu arah. Waktu arus mudik, kendaraan satu arah dari Surabaya menuju Jombang. Waktu arus balik diberlakukan demikian sebaliknya. Cuma saja, seksi 2 serta 4 cuma di buka untuk kendaraan kelompok 1.

Begitu, waktu arus mudik kelak, pemudik dapat lewat semua tol Mojokerto-Kertosono. Karna seksi 1 selama 14, 7 Km sudah dioperasikan mulai sejak Oktober 2014. Sisi ini menghubungkan Bandar Kedungmulyo dengan Tembelang Kabupaten Jombang.

Sesaat seksi 3 selama 5 Km pada Desa Kemantren-Kecamatan Gedeg sampai Desa Canggu-Kecamatan Jetis dioperasikan Desember 2016. Ruas tol ini tersambungsi segera dengan seksi 4 tol Surabaya-Mojokerto (Sumo).

” Saat pemfungsian tol kelak lembaga berkaitan yang memastikan, yang tentu kami siap. Bila pengalaman th. lantas, umum digunakan jam 06. 00-17. 00 Wib, untuk tidak malam hari, ” terangnya.

Samsul mengharapkan, pemakaian tol Mojokerto-Kertosono jadi alternatif mudik bakal kurangi kemacetan di By Pass Krian, By Pass Mojokerto, jalur nasional Mojokerto-Jombang serta di simpang tiga Bangjuri.

Tol Mojokerto-Kertosono Digunakan untuk Jalur Alternatif MudikFoto : Enggran Eko Budianto
” Harapannya dapat mengurai kemacetan hingga 50%. Pengalaman th. lantas di seksi 1 dilewati 7 ribu kendaraan /hari, bila tersambung semuanya peluang volume kendaraan bakal jauh semakin besar, ” tuturnya.

Sepanjang arus mudik lebaran, lebih Samsul, PT MHI sediakan 4 mobil derek, 1 unit rescue, 2 ambulance, 3 mobil patroli, 2 unit patroli jalan raya (PJR) serta 4 rest ruang di seksi 1.

” Rest ruang masih tetap sesaat, cuma ada kamar mandi, tempat istirahat serta musala, ” tandasnya.

Samsul membidik, pembangunan seksi 2 serta 4 usai pertengahan Juli 2017. Begitu, akhir Juli tol Mojokerto-Kertosono dapat dioperasikan seutuhnya.
(bdh/bdh)

About admin