Home / ekonomi / Tiket Pesawat Bakal Turun Hingga 15 Persen

Tiket Pesawat Bakal Turun Hingga 15 Persen

Tiket Pesawat Bakal Turun Hingga 15 Persen – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan masih menggodok ketentuan untuk turunkan tarif batas atas ticket pesawat kelas ekonomi buat penerbangan domestik. Budi menyebutkan penurunan tarif batas atas ada pada rata-rata 15 % dari level awalnya.

“Itu range disana (turun 15 %), kami finalkan hari Senin,” kata Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (9/5).

Budi akui disuruh mengulas masalah harga ticket pesawat dengan Menteri Koordinator Bagian Perekonomian Darmin Nasution, pada Senin (13/5). Permasalahan tarif batas atas ticket pesawat akan ditetapkan pada pertemuan itu.

Budi menerangkan penurunan tarif batas atas ticket pesawat ini dikerjakan dengan mencari harga inti (HPP). Perhitungan HPP didasarkan dengan ‘on time performance’, harga avtur, nilai ganti dolar AS, dan unsur beban dari penerbangan.

Dari sana, kata Budi akan diketemukan satu angka harga inti rata-rata. “Dengan basic itu bermakna kami masih ada ruangan untuk dapat turunkan batas atas,” katanya.

Budi menjelaskan gagasan penurunan tarif batas atas ini telah dikomunikasikan pada maskapai penerbangan. Dia menyebutkan pihaknya juga telah mengalkulasi masalah cost operasional yang dirasakan maskapai jika berlangsung penurunan tarif batas atas.

“Dibahas (dengan maskapai). Bukan meminta kesepakatan, tetapi dikomunikasikan,” kata Budi. Awalnya, Budi dikasih waktu satu pekan untuk merubah ketetapan tarif batas atas ticket pesawat kelas ekonomi buat penerbangan domestik.

Pergantian tarif batas atas dikerjakan sebab sesuai kuasa pemerintah dalam Undang-undang Nomer 1 Tahun 2009 mengenai Penerbangan.
Menurut beleid itu, kementerian mempunyai kuasa untuk memastikan tarif batas atas dengan memperhitungkan situasi warga, termasuk juga daya beli. Budi lihat pergantian tarif batas atas akan efisien mendesak harga ticket pesawat.

Sesaat Menteri Koordinator Bagian Perekonomian Darmin Nasution mengharap maskapai nasional, baik Tubuh Usaha Punya Negara (BUMN) ataupun swasta, selekasnya sesuaikan harga ticket pesawat saat ketetapan tarif batas atas ticket selesai dirubah.

“Itu (tarif batas atas) akan diputuskan lebih rendah. Kelak tinggal (maskapai) swasta serta BUMN beradaptasi,” sebut Darmin di kantornya, Selasa (7/5).

Walau demikian, Darmin malas menyebutkan kebijaksanaan merubah tarif batas atas adalah langkah praktis untuk turunkan tarif ticket pesawat. “Kami tidak suruh turun (tarif) ticket pesawatnya, hal yang kami meminta merubah ini, Menteri Perhubungan cuma ganti batas atasnya,” katanya.

About penulis77