Home / Berita Umum / Terjangan Puting Beliung di Bener Meriah Aceh Rusak Puluhan Rumah Warga

Terjangan Puting Beliung di Bener Meriah Aceh Rusak Puluhan Rumah Warga

Terjangan Puting Beliung di Bener Meriah Aceh Rusak Puluhan Rumah Warga – Sekitar 21 rumah masyarakat rusak karena diterjang angin puting beliung di Pante Raya Timur serta Wih Pesam di Kecamatan Wih Pesam, Bener Meriah, Aceh. Atap 21 rumah itu beterbangan waktu diterjang puting beliung.

“Ada 21 atap rumah yang sebagian besar dilapis seng terlepas beterbangan karena puting beliung di Bener Meriah,” kata Kepala Pelaksana Tubuh Penanggulangan Musibah Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh, Senin (19/2/2019).

Ahmad mengutarakan cuaca berlebihan berlangsung di lokasi itu pada Senin (19/2) seputar jam 16.00 WIB. Hujan deras dibarengi angin kencang membuat puting beliung sebab berputar-putar dengan mempunyai kecepatan seputar 63 km. /jam, hingga mengusung beberapa benda yang dilewatinya, termasuk juga atap rumah.

“Waktu puting beliung kurang-lebih 1/2 jam memorakporandakan atap rumah masyarakat di ke-2 desa ini,” tuturnya.

“Perlakuan darurat dengan lakukan pemasangan terpal dibagian atap rumah masyarakat serta pemberian pertolongan logistik untuk waktu cemas sudah dikerjakan pemerintah daerah ditempat,” paparnya.

Selain itu, Tubuh Meteorologi, Klimatologi, serta Geofisika (BMKG) ditempat mengatakan cuaca di Aceh sekarang ini tunjukkan tengah waktu peralihan dari musim hujan ke arah ke musim kemarau.

Menurut Kepala Seksi Data serta Info BMKG Stasiun Meteorologi Blangbintang, Aceh, Zakaria Ahmad, bulan Februari 2019 adalah waktu peralihan cuaca dari musim hujan ke arah kemarau di lokasi sangat barat ini.

“Cuaca panas seperti sekarang ini punya potensi muncul angin kencang, serta condong berlangsung puting beliung di satu lokasi karena tumbuhnya awan kumulonimbus,” tuturnya.

About admin