Home / Berita Umum / Soal Protes dalam Debat Kedua Capres ke KPU, BPN: Tak Pernah Ada Kericuhan

Soal Protes dalam Debat Kedua Capres ke KPU, BPN: Tak Pernah Ada Kericuhan

Soal Protes dalam Debat Kedua Capres ke KPU, BPN: Tak Pernah Ada Kericuhan – Tubuh Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menuturkan duduk masalah waktu mereka mendekati kursi komisioner KPU serta Bawaslu untuk mengemukakan memprotes dalam debat ke-2 calon presiden. Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso, mengatakan tidak ada kekacauan saat hal tersebut dikatakan.

“Bukan kekacauan serta tidak sempat ada kekacauan. Tidak ada pula nunjuk-nunjuk 01. Yang ada memang beberapa rekan mendekati KPU untuk protes, tetapi tidak nuding-nuding,” kata Priyo waktu dihubungi, Senin (18/2/2019).

Priyo menuturkan, waktu itu ada dua perihal yang dikatakan BPN Prabowo-Sandi ke KPU. Diantaranya, kata Priyo, BPN memprotes atas pengakuan Joko Widodo (Jokowi) masalah kepemilikan tempat Prabowo.

“Memprotes dua perihal, diantaranya masalah pengakuan Pak Jokowi dipandang tidak etis serta punya potensi melanggar peraturan, terpenting menyerang point pribadi. Ya, kami tanyakanlah. Kata KPU, ya, kelak akan dikatakan ke Bawaslu serta akan dirapatkan. Itu masalah tempat,” ucap ia.

“Lalu kami pun pertanyakan masalah tata undi. Kok tidak diduga ada dua fish bowl untuk topik yang sama. Bayangan kita kan satu baskom saja.
Itu saja. Kami protes dalam bahasa yang terarah pun,” tambah Priyo.

Waktu itu ia menjelaskan ada beberapa anggota Team Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin yang mendekati. Diantaranya Direktur Program TKN Jokowi-Ma’ruf, Aria Bima. Akan tetapi, ucap Priyo, tidak ada tindakan marah-marah.

“Mas Aria Bima ya, ada sudah sempat ngomong, ‘Ada apakah mas?’. Saya katakan, ‘Nggak, kami hanya ingin memberikan input dikit ke KPU’. Begitu saja,” papar Priyo.

Selain itu, Aria Bima awal mulanya menyebutkan BPN Prabowo-Sandiaga adalah pihak yang mengawali kekacauan sebab tidak diduga saja mendekati KPU-Bawaslu saat debat berjalan pada Minggu (17/2). Aria bahkan juga menjelaskan beberapa anggota BPN sampai menunjuk-nunjuk TKN Jokowi-Ma’ruf.

“Kita tidak tahu, tidak diduga BPN kok ada kerumunan yang nunjuk-nunjuk ke kita,” kata Aria.

Peristiwa panas waktu di ruangan debat itu terekam dalam satu video oleh team BPN waktu lalu di-posting Wasekjen Partai Demokrat (PD) Andi Arief. Dalam video berdurasi 45 detik itu, tampak beberapa anggota BPN Prabowo-Sandiaga mendekati jejeran kursi komisioner KPU serta Bawaslu di ruang debat di The Sultan Hotel, Jakarta.

Beberapa salah satunya Priyo Budi Santoso, Maher Algadri, Putra Jaya Husin, serta Jansen Sitindaon. Peristiwa panas itu bahkan juga memantik Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan turut maju.

About admin