Home / Berita Umum / Sambut Hari Pahlawan Pemkab Purworejo Gelar Pameran Lukisan Pahlawan

Sambut Hari Pahlawan Pemkab Purworejo Gelar Pameran Lukisan Pahlawan

Sambut Hari Pahlawan Pemkab Purworejo Gelar Pameran Lukisan Pahlawan – Menyongsong Hari Pahlawan Nasional, Pemkab Purworejo bekerja bersama dengan alumni SMA N 1 Purworejo yang terhimpun dalam Paguyuban Muda Ganesha mengadakan pameran lukisan pahlawan, pejuang, serta tokoh terpenting asal Purworejo. Salah satunya lukisan sebagai perhatian masyarakat ialah lukisan Kasman Singodimedjo yang barusan diputuskan menjadi pahlawan nasional oleh Presiden RI Joko Widodo.

Pameran diselenggarakan di Pendopo Kabupaten saat 3 hari terhitung semenjak Jumat (9/11/2018) ini hari sampai Minggu (11/11/2018). Beberapa puluh lukisan muka beberapa pahlawan, pejuang serta tokoh terpenting asal Purworejo juga terpampang rapi.

Wajah-wajah pahlawan serta tokoh terpenting itu dilukis dengan cat air di atas kanvas memiliki ukuran 80 cm x 100 cm. Pigura berwarna keemasan yang membingkai meningkatkan figur makin berwibawa.
Semua lukisan adalah karya tunggal salah satunya seniman Purworejo yaitu Prapto Efendi. Salah satunya lukisan sebagai perhatian masyarakat ialah lukisan Kasman Singodimedjo yang barusan diputuskan menjadi pahlawan nasional oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Ya, semua wajah-wajah pahlawan serta tokoh terpenting dari Purworejo, ada Jendral Sarwo Edhie Wibowo, Jendral Urip Sumoharjo, WR Supratman, Jendral Ahmad Yani dan sebagainya. Salah satunya yang menarik serta jadi perhatian masyarakat ialah Mr. Kasman Singodimedjo yang baru diputuskan jadi pahlawan nasional,” kata Prapto Efendi saat didapati detikcom di pendopo Kabupaten Purworejo, Jumat (9/11/2018)
Untuk mengerjakan semua lukisan itu, Prapto mengakui memerlukan waktu seputar 6 bulan. Tidak hanya untuk memperingati Hari Pahlawan, pameran itu ikut mempunyai tujuan untuk memberi wacana pada penduduk jika Purworejo adalah kota beberapa pejuang.

“Dengan historis memang sebenarnya semacam itu, jadi agar penduduk juga paham. Gagasannya ke depan ikut Purworejo diwacanakan untuk diputuskan menjadi kota pejuang. Diinginkan penduduk terpenting beberapa kawula muda dapat melanjutkan perjuangan hingga nama Purworejo makin terangkat,” sambungnya.
Selain itu, Sekda Kabupaten Purworejo, Said Romadhon menjelaskan jika Kasman Singodimedjo sudah diputuskan menjadi pahlawan nasional oleh Presiden RI Joko Widodo. Hal itu adalah kebanggaan sendiri buat masyarakat Purworejo dalam menyongsong hari pahlawan nasional yang diperingati tiap-tiap tanggal 10 November.

“Kasman Singodimedjo asli kelahiran Purworejo tanggal 25 Februari 1904. Beliau adalah tokoh terpenting serta salah satunya jasanya ialah jadi Ketua KNIP sebagai cikal akan dari DPR. Peringatan hari pahlawan tahun ini jadi istimewa buat masyarakat Purworejo sebab beliau sudah diputuskan jadi pahlawan nasional oleh pak Presiden. Ini hari pak Bupati ke Jakarta untuk melihat penganugerahan itu,” tuturnya.

Salah satunya pengunjung Ratna Nur Aini (19) mengakui suka karenanya ada pameran itu sebab meningkatkan pengetahuan. Tidak cuma itu, dia bersama dengan teman-temannya ikut berfoto selfie di muka lukisan.

“Bagus lukisannya, banyak tokoh yang awal mulanya saya tidak paham saat ini jadi tahu nyatanya banyak pahlawan serta tokoh terpenting dari Purworejo. Ada pahlawan revolusi, dokter pertama di Jawa dan sebagainya,” papar Ratna.

About admin