Home / internasional / Pihak Berwenang China Melarang Agama di Kelas

Pihak Berwenang China Melarang Agama di Kelas

Kegiatan keagamaan dilarang di sekolah-sekolah di Cina. Pihak berwenang Provinsi Gansu di Cina memberikan perintah supaya sekolah-sekolah melarang secara tegas segala kegiatan keagamaan di dalam ruang kelas.

Dinas pendidikan di provinsi yang terletak di barat laut Cina tersebut menegur sebuah sekolah taman kanak-kanak setelah mereka menyaksikan video seorang anak membaca al-Quran di dalam sekolah tersebut.

Dalam pernyataannya, teguran pemerintah provinsi Gansu tersebut menyatakan jika kegiatan keagamaan dapat ‘merugikan kesehatan mental’ orang-orang muda. Pemerintahan di provinsi Gansu menyatakan kembali kebijakan resmi pemerintah yang atheis melarang kegiatan keagamaan sekolah negeri pada berbagai tingkatan.

Kantor berita AP melansir pada video yang beredar tersebut terlihat seorang anak berusia TK mengenakan penutup kepala dengan warna hitam serta membaca Al-Quran yang dikelilingi oleh banyak murid yang lain.

Diduga kuat video tersebut diambil di prefektur Linxia yang merupakan daerah dengan mayoritas penduduknya merupakan Muslim. Praktek keagamaan sendiri sebenarnya diperbolehkan di Cina namun dengan pengendalian yang cukup ketat.

Alasan pemerintah Cina dikarenakan kegiatan keagamaan dikhawatirkan akan dapat dipakai untuk melakukan promosi ‘identitas budaya non-Cina’ masuk ke dalam negeri Tirai Bambu tersebut dan memberikan pengaruh kepada warga negara mereka.

About admin