Home / indonesia / Perppu Pemberatan Hukuman Kejahatan Seksual Harus Secepatnya Dikeluarkan

Perppu Pemberatan Hukuman Kejahatan Seksual Harus Secepatnya Dikeluarkan

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) terus mendorong supaya Perppu pemberatan hukuman untuk pelaku kejahatan seksual harus secepatnya diterbitkan. Alasannya adalah karena kondisi yang telah sangat mendesak dengan banyaknya anak-anak yang menjadi korban kejahatan seksual saat ini.

Ketua KPAI Asrorun Niam, Kamis (12/5/2016) menjelaskan kalau Perppu harus segera diterbitkan karena keadaan telah darurat.

Asrorun Niam mendapatkan undangan rapat ke Istana Negara, Rabu (11/5). Dalam kesemapatan tersebut, Asrorun Niam menilai jika Presiden menyampaikan komitmennya untuk menerbitkan Perppu tersebut. Namun dengan catatan harus mendapatkan persetujuan dari DPR.

Asrorun Niam menyatakan jika penegasan kejahatan seksual merupakan kejahatan luar biasa, baru bermakna apabila diikuti langkah konkrit yang luar biasa serta segera direalisasikan.

Menurut Asrorun Niam, harus secepatnya terbit Perppu tersebut beserta instrumen hukum harus dipersiapkan sesegera mungkin. Jika Perppu tersebut diterbitkan, pelaku kejahatan seksual bakal mendapatkan hukuman hingga 20 tahun penjara, bahkan dikebiri, serta dipasangi micro chip sehingga akan kesulitan untuk kembali melakukan aksi kejahatan serupa.

Saat ini memang para pelaku kejahatan seksual dianggap mendapatkan vonis hukuman yang terlalu ringan sehingga tak dapat memunculkan efek jera atau membuat takut bagi orang yang akan melakukan tindak kejahatan seksual.

About admin