Home / Berita Umum / Penyelundupan 245 Ribu Ekor Baby Lobster ke Singapura Digagalkan

Penyelundupan 245 Ribu Ekor Baby Lobster ke Singapura Digagalkan

Penyelundupan 245 Ribu Ekor Baby Lobster ke Singapura Digagalkan – Petugas Pangkalan TNI AL (Lanal) Kota Batam serta Stasiun Karantina Ikan Pengontrol Kualitas (SKIPM) Batam menggagalkan penyelundupan baby lobster sejumlah Rp 37,2 miliar. Jumlahnya baby lobster yang ingin diselundupkan kira-kira 245 ribu ekor.

Kepala Stasiun KIPM Batam, Anak Agung Gede Eka Susila, menyampaikan pada Selasa (12/3/2019) terima laporan ada speedboat tiada nama yang merisaukan di perairan Batam.

“Pemeran memakai speedboat tiada nama, yang memakai mesin Yamaha 3 x 200 PK di perairan Sugi,” tutur Anak Agung Gede pada wartawan.

Menurut info dari Team Hanoman TNI AL, bibit lobster asal Indonesia itu bakal di selundupkan ke Singapura.

Agung menyampaikan speedboat itu melesat dengan kecepatan tinggi kala dikejar team patroli TNI AL. Sampai pada akhirnya speedboat itu menabrak ke ruangan rimba bakau.

Anggota TNI AL selanjutnya mengecek speedboat tiada nama itu. Akhirnya, diketemukan baby lobster yang ada di dalam 44 boks Styrofoam. Barang untuk bukti baby lobster itu terus dibawa ke instalasi karantina ikan SKIPM Batam.

Sesudah dikontrol, diketemukan baby lobster sejumlah keseluruhan 245.102 ekor, yang terdiri atas baby lobster model mutiara sekitar 9.664 ekor yang ada di dalam 3 boks serta baby lobster model pasir sekitar 235.438 ekor yang ada di dalam 41 boks. Keseluruhan, baby lobster itu nilainya kira-kira Rp. 37.248.500.000. Bibit lobster ini idenya bakal dilepasliarkan di perairan Natuna.

About admin