Home / kesehatan / Penyebab Meningkatnya Kelahiran Kembar di Berbagai Negara

Penyebab Meningkatnya Kelahiran Kembar di Berbagai Negara

Kehamilan kembar menurut para dokter sebenarnya merupakan kehamilan yang memiliki resiko tinggi dan alangkah baiknya untuk dihindari. Kendati demikian, tetap saja ada sejumlah orang tua yang ingin memiliki anak kembar.

Terkait permasalahan tersebut, sekarang ini orang tua yang ingin memiliki anak kembar nampaknya memang lebih mudah untuk mendapatkannya. Berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh Jurnal Population and Development Review menunjukkan kalau angka kelahiran kembar meningkat lebih dari dua kali lipat bahkan di lebih dari beberapa negara.

Pada tahun 1975 setidaknya terjadi kehamilan kembar di Amerika Serikat 9,5 per 1000 kelahiran dimana mengalami peningkatan menjadi 16,9 per 1000 kelahiran pada tahun 2011. Sementara itu rasio peningkatan yang sama juga terjadi di Inggris yang sebelumnya 9,9 menjadi 16,1, di Prancis yang sebelumnya 9,3 menjadi 17,4, di Jerman dai 9,2 menjadi 17,2, di Denmark 9,6 menjadi 21,2 dan di Korea Selatan dari 5 menjadi 14,6.

Peningkatan kehamilan kembar ini hampir seluruhnya merupakan kembar fraternal dimana terjadi dari dua sel telur dan dibuahi oleh dua sperma. Sedangkan untuk kembar identik dari satu sel telur dan sperma terpecah menjadi dua relatif masih tetap.

Menurut para peneliti kembar fraternal dipengaruhi beberapa faktor mulai usia, jumlah anak, negera tempat tingga dan genetik. Selain itu juga dikarenakan banyak ibu yang menunda kehamilan dan memakai program hamil berbantu.

About admin