Home / teknologi / Pengangkut Sampah Pintar Dilengkapi Dengan GPS dan Sirine di Makassar

Pengangkut Sampah Pintar Dilengkapi Dengan GPS dan Sirine di Makassar

Berbagai macam terobosan terus dilakukan untuk mengatasi permasalahan sampah. Pemkot Makassar pun melengkapi truk pengangkut sampah dengan GPS, sirine serta sound system. Lalu apa saja fungsi dari semua perlengkapan tersebut?

Truk pengangkut sampah pintar tersebut diberi nama Tangkasaki yang tak lain adalah kependekan dari Truk Angkutan Sampah Kita. Sementara dalam bahasa Makassar sendiri Tangkasaki memiliki arti Bersihkan. Truk pengangkut sampah ini sendiri berbentuk boks yang merupakan hasil desain dari Wali Kota Ramdhan Pomanto atau yang lebih akrab disapa dengan Danny Pomanto yang memiliki latar belakang arsitek.

Tangkasaki sendiri menjadi penunjang utama utama program Makassar Tidak Ratasa (MTR) atau Makassar tidak jorok. Mobil ini dilengkapi dengan sirine serta pengeras suara untuk dijadikan alat edukasi masyarakat tentang pentingnya kesadaran menjaga kebersihan lingkungan.

Senin 11 April 2016 Danny Pomanto mengatakan jika program ini untuk mendukung konsep smart city yang sedang dijalankan oleh Pemkot Makassar. Sedangkan GPS memiliki fungsi untuk memantau pergerakan truk yang dimonitor secara langsung dari aplikasi tracking di War Room, kantor Balai Kota Makassar. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kecurangan yang dilakukan oleh pengemudi truk soal rute perjalanan dan dapat lebih menghemat BBM.

About admin