Home / kriminal / Pengacara Jessica Meminta Sidang Dihentikan Karena Dakwaan Jaksa Tak Jelas

Pengacara Jessica Meminta Sidang Dihentikan Karena Dakwaan Jaksa Tak Jelas

Pengacara Jessica Kumala Wongso, Otto Hasibuan, melontarkan eksepsi pada sidang perdana kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin. Otto mengatakan dakwaan yang dibacakan jaksa tidak jelas, tidak lengkap, serta tidak cermat.

Otto menganggap jaksa sekonyong-konyong menuding Jessica memasukkan racun ke gelas minuman Mirna. Padahal tidak disebutkan sebelumnya jika Jessica membawa racun.

Dia lalu mengandaikan jika ada saksi Jessica yang memasukkan racun, maka dapat saja yang dimasukkan merupakan gula atau semacamnya. Namun dalam kasus ini justru tidak ada saksi yang melihat.

Otto pun mengacu hasil visum et repertum yang disebutnya tidak menunjukkan Mirna mati akibat racun natrium sianida. Namun penuntut umum lalu menyebutkan Mirna meninggal dikarenakan racun tersebut dengan mengacu kepada sisa kandungan natrium sianida di gelas.

Berdasar eksepsi tersebut pengacara Jessica meminta dijatuhkan putusan, pertama, menerima serta mengabulkan eksepsi Jessica Kumala Wongso alias Jess. Kedua, memutuskan dakwaan bernomor PDM/203/jkt.pst/05/2016 tertanggal 30 Mei 2016 batal demi hukum atau tidak bisa disidangkan. Ketiga, menetapkan persidangan tak diteruskankan. Keempat, melepaskan terdakwa dari tahanan, serta kelima, memulihkan hak-hak terdakwa terutama hak penerimaan di publik.

Dalam kasus ini, jaksa menjerat Jessica dengan satu pasal yakni pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman maksimal hukuman mati.

About admin