Home / kesehatan / Peneliti Klaim Menemukan Virus Zika Pada Air Liur dan Urine

Peneliti Klaim Menemukan Virus Zika Pada Air Liur dan Urine

Virus Zika mampu membuat heboh dunia dikarenakan ditengarai memiliki hubungan dengan kelahiran bayi pengidap mikrosefali. Sesudah sebelumnya muncul dugaan virus Zika dapat menular melalui hubungan seksual, saat ini ada penemuan terbaru lainnya. Dilaporkan jika virus Zika juga ditemui pada air liur serta urine.

Presiden Institut Penelitian Fiocruz di Brasil, Paulo Gadelha yang mengklaim penemuan tersebut. Paulo Gadelha menyatakan kalau para peneliti berhasil menemukan virus Zika dalam sampel air liur serta urine dimana virus tersebut dapat tumbuh dan hidup. Oleh karena itu muncul kecurigaan kalau dua cairan tubuh ini dapat menularkan virus Zika kendati hal ini masih membutuhkan penelitian yang lebih mendalam lagi.

Penelitian ini mengambil sampel dari dua orang yang terindikasi menderita Zika dimana akhirnya mereka memang positif mengidap penyakit tersebut. Tes yang dilakukan pada kultur sel juga menunjukkan kalau virus tersebut dapat merusak sel-sel.

Terkait penemuan ini maka Paulo Gadelha memberikan saran kepada para ibu hamil untuk tak melakukan ciuman bibir sebagai langkah antisipasi menularnya virus Zika lewat air liur. Selain itu juga melakukan pembatasan penggunaan alat makan atau lainnya dengan orang-orang yang mengidap gejala virus Zika untuk meminimalisir resiko tertular.

About admin