Home / indonesia / Pemerintah Wajib Perbaiki Sektor Pertahanannya | Nasional

Pemerintah Wajib Perbaiki Sektor Pertahanannya | Nasional

Pemerintah Wajib Perbaiki Sektor Pertahanannya | Nasional Pemerintahan Jokowi-JK diminta untuk mempersiapkan strategi pertahanan yang berorientasi terhadap adanya potensi ancaman yang akan datang dari luar atau out world looking. Ditambah lagi, kabar saat ini, pada sektor pertahanan ialah eskalasi konflik yang terjadi di Laut Cina Selatan.

Direktur Imparsial Al-Araf berkata jika konflik klaim batas laut yang juga ikut melibatkan beberapa negara di daerah Laut Cina Selatan sedang menjadi perhatian dunia. Oleh sebab itu, dia memperingatkan pemerintah untuk dapat mengantisipasi adanya potensi ancaman yang akan terjadi di daerah itu.

“Implikasinya, orientasi kebijakan pertahan serta struktur gelar kekuawatan wajib bisa mengantisipasi hal tersebut.”ungkap Al-Araf.

Dia berpendapat jika salah satu usaha antisipasi dengan menambah anggaran pertahanan serta pembangunan pada sektor persenjataan. Terutama, pada pembangunan kekuatan maritim, Angkatan Udara (AU) maupun Angkatan Laut (AL) akan tetapi tidak meninggalkan juga kekuatan yang dimiliki oleh Angkatan Darat (AD).

“50% sampai 60% masih sangat kesulitan sebab alutsistanya masih merupakan peninggalan dari produk lama serta tidak terlalu siap untuk dipakai sebagai pertahanan Indonesia.”tuturnya mengomentari terkait kekuatan pertahanan yang dimiliki oleh Indonesia pada saat ini serta kesiapan pertahanan di kawasan Laut Cina Selatan yang saat ini tengah diperebutkan.

About admin