Home / indonesia / Pemangkasan Minyak Tidak Pengaruhi Harga BBM Tanah Air | Ekonomi

Pemangkasan Minyak Tidak Pengaruhi Harga BBM Tanah Air | Ekonomi

Pemangkasan Minyak Tidak Pengaruhi Harga BBM Tanah Air | Ekonomi PT. Pertamina memastikan jika keputusan organisasi negara pengekspor minyak atau OPEC (Organization of Petroleum Exporting) untuk mengurangi produksi minyak menjadi 32,5 hingga 33,0 juta barel setiap hari, tidak akan berpengaruh terhadap harga BBM (Bahan Bakar Minyak) pada periode Oktober 2016 nanti.

Wianda Pusponegoro, Vice President Corporate Communication Pertamina berkata jika untuk melakukan evaluasi terkait harga dari BBM Oktober 2016 mengacu pada harga minyak mentah yang dipakai adalah periode 3 bulan lalu. Jadi, pengurangan produksi minyak yang dilakukan OPEC baru dapat terasa akibatnya pada evaluasi di 3 bulan selanjutnya.

“Jadi jika Pak Wirat selaku Dirjen Migas mengatakan 1 Oktober terdapat perubahan harga Bahan Bakar Minyak, itu berarti melihat harga di bulan Juli hingga September 2016 ini serta MOPS pada 3 bulan terakhir tersebut berapa. Tadi seluruhnya mengacu terhadap formula harga yang dapat disepakati antaran pihak pemerintah, Komisi 7 serta ESDM. Itu sebuah formula harga terbuka.”ungkapnya.

Wianda mengatakan jika pengurangan produksi minyak oleh OPEC sesungguhya akan berdampak terhadap pergerakan harga dari minyak mentah. Akan tetapi, sampai pada saat ini, pihaknya masih belum dapat memperkirakan penurunan dari harga minyak tersebut.


 

About admin