Home / kesehatan / Otak Anak Bakal Menyala Saat Mendengar Suara Ibu

Otak Anak Bakal Menyala Saat Mendengar Suara Ibu

Terdapat sesuatu yang spesial untuk suara ibu soal kaitannya dengan anak. Terbukti pada studi terbaru yang dilaporkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences jika suara ibu dapat dikenali oleh anak kendati mungkin hanya terdengar sepersekian detik.

Pemimpin studi Daniel Abrams dari departemen ilmu psikiatri dan perilaku Stanford University School of Medicine menyatakan eksperimen yang dilakukan kepada 24 anak usia 7-12 tahun menunjukkan terdapat aktivitas otak nyata saat anak mendengar rekaman suara ibunya. Aktivitas yang sama tidak muncul saat anak diperdengarkan rekaman suara perempuan lain.

Dengan memakai alat pemindai peneliti melihat otak bagian emosi, pengenalan wajah, dan penghargaan anak bakal menyala lebih terang saat mendengar suara ibunya. Hal tersebut disimpulkan peneliti menunjukkan jika terdapat banyak area otak yang terlibat sehingga menjelaskan mengapa anak bisa dengan sangat cepat mengenali suara ibu.

“Luasnya daerah otak yang terlibat betul-betul mengejutkan,” tutur Profesor Psikiatri Vinod Menon.

Peneliti lebih jauh pun melihat jika kian banyak area otak anak yang terlibat saat mendengar suara ibu, semakin baik pula kemampuan komunikasinya. Hal ini akan diteliti lagi dengan menghubungkannya dengan anak yang memiliki problema komunikasi seperti autisme.’

About admin