Home / kesehatan / Komplikasi Saat Fimosis Terlambat Dicek serta Ditangani Dokter

Komplikasi Saat Fimosis Terlambat Dicek serta Ditangani Dokter

Jika anak mengeluhkan adanya rasa nyeri atau mengejan ketika buang air kecil (BAK), segera cek ke dokter. Kemungkinan besar anak mengidap fimosis. Apabila tidak cepat-cepat diatasi, fimosis dapat menimbulkan komplikasi.

Sebagaimana disampaikan oleh dokter spesialis urologi RSPAD Gatot Soebroto, dr Nugroho Budi Utomo, SpU, terdapat sejumlah komplikasi yang bisa terjadi apabila fimosis tidak secepatnya ditangani.

Salah satunya yaitu infeksi berat glans penis (balanitis), yang ditandai dengan glans penis kemerahan, lecet, serta bernanah. Fimosis yang tidak ditangani juga dapat menimbulkan infeksi saluran kemih berulang. Komplikasinya bahkan dapat kanker penis apabila tak ditangani hingga usia dewasa.

Biasanya akan ditandai dengan demam hilang timbul, nyeri ketika BAK, berat badan tak naik, serta penurunan nafsu makan.

Apabila memiliki keluhan seperti di atas, langkah awal yang harus dilakukan orang tua adalah tak panik serta jangan asal memberi obat sendiri misalnya krim tertentu tanpa resep dokter. Sebaiknya segera melakukan konsultasi kepada dokter apabila ada kecurigaan fimosis.

Untuk itulah setiap orang tua harus peka dengan kondisi yang dialami oleh anaknya dan setiap keluhan dari sang anak. Orang tua harus memberikan perhatian yang ekstra kepada anak-anaknya demi kebaikan sang buah hati.

About admin