Home / indonesia / Kolam Berwarna Pelangi Bawah Laut | Peristiwa

Kolam Berwarna Pelangi Bawah Laut | Peristiwa

Kolam Berwarna Pelangi Bawah Laut | Peristiwa, Jauh di kedalaman Laut Aegea, suatu kolam air seputih susu yang memendarkan kilau pelangi seperti batu akik kalimaya muncul dari kaldera gunung api Santorini. Kolam pelangi atau opalescent, yang mampu berganti warna tergantung sisi melihatnya tersebut, dinamai Kallisti Limnes. Dalam bahasa Yunani kuno, nama itu berarti “danau yang indah”.

Danau yang belum sempat kelihatan itu terungkap dari suatu video yang direkam oleh suatu robot selam kepada 2012. Sesudah nyaris tiga tahun diteliti, nyata-nyatanya kolam ini mengandung kadar karbon dioksida tinggi, yang menciptakan kerapatan air teramat tinggi dan condong mengumpul.

“Itu serupa bersama minuman ‘hitam dan cokelat’ yang masih terpisah,” kata Rich Camilli, peneliti di Woods Hole Oceanographic Institution (WHOI) dan pemimpin studi danau bawah laut ini. Minuman hitam dan cokelat yakni minuman dua lapis yang dibuat bersama mencampur bir hitam dan bir ringan. Temuan ini diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports.

Letusan gunung berapi Santorini kepada 1600 sebelum Masehi, Camilli bercerita, menyapu bersih peradaban Minoan yang tinggal di sepanjang Laut Aegea. “Kini danau kawah gunung api itu bisa menolong kami mengungkap proses karbon dioksida bereaksi bersama air laut,” papar dirinya.

About admin