Home / kesehatan / Ketidakpastian Dapat Lebih Membuat Stres Daripada Rasa Sakit

Ketidakpastian Dapat Lebih Membuat Stres Daripada Rasa Sakit

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Communications menunjukkan jika mengetahui sesuatu yang buruk bakal terjadi ternyata memiliki dampak lebih baik daripada tidak tahu sama sekali.

Saat seseorang dihadapkan pada sebuah kondisi yang tidak tentu serta cemas karenanya, stres yang bertumpuk dapat lebih besar daripada stres akibat mengetahuinya.

Hal ini ditemukan oleh para peneliti di University College London, Inggris yang melakukan studi kepada 45 partisipan. Dalam sebuah simulasi permainan yang dilakukan, para partisipan diminta supaya memilih batu-batu virtual dengan acak yang beberapa diantaranya tersembunyi ular.

Permainan ini sendiri memiliki tujuan supaya partisipan mengira-ngira batu mana yang terdapat ularnya. Jika kebetulan batu yang mereka pilih terdapat ular maka mereka akan mendapatkan sebuah sengatan listrik yang dialirkan. Permainan ini dirancang supaya kian tinggi tingkat kesulitannya maka  akan kian tinggi pula tingkat ketidakpastian yang ditimbulkan. Selama permainan tersebut para partisipan diukur tingkat stresnya yang diketahui dari keringat, pelebaran pupil, serta laporan langsung dari para responden sendiri.

Dan hasil penelitian menunjukkan jika para partisipan mengalami tingkat stres yang jauh lebih buruk saat tak mengetahui kapan akan mendapatkan sengatan listrik daripada sudah mengetahui secara pasti bakal mendapatkan sengatan listrik.

About admin