Home / kesehatan / Kebiasaan Salah Membuat Obat Nyamuk Semprot Tak Efektif Mengusir Nyamuk

Kebiasaan Salah Membuat Obat Nyamuk Semprot Tak Efektif Mengusir Nyamuk

Anti nyamuk semprot menjadi salah satu alat yang dapat dipakai sebagai pengusir nyamuk di rumah. Tetapi pada prakteknya, biasanya seseorang bakal menyemprotkan anti nyamuk ke kamar atau ruangan di rumah ketika malam hari pas saat sebelum tidur.

Ketua Indonesian Technical Advosry Group on Immunization (ITAGI) Prof Dr dr Sri Rezeki Hadinegoro, SpA(K) mengatakan selain fogging, pemakaian anti nyamuk semprot sebagai membasmi nyamuk seperti aedes aegypti yang merupakan vektor Demam Berdarah Dengue (DBD) juga dapat membantu.

Akan tetapi perlu digaris bawahi pemakaiannya harus benar yakni melakukan penyemprotan menjelang malam hari karena nyamuk saat itu akan masuk rumah saat cuaca di luar mulai dingin. Kalau penyemprotan dilakukan malam hari, maka nyamuk telah masuk terlebih dahulu. Prof Sri berseloroh pasti bakal sulit saat telah terdapat banyak nyamuk lalu disemprot, maka si nyamuk akan lari yang cara tersebut menjadi kurang efektif.

Selain menjelang malam hari, pemakaian anti nyamuk semprot pun dapat dilakukan pada pagi hari terutama kalau di rumah ada bayi atau anak-anak. Sebab, menurut Prof Sri, nyamuk aedes aegypti bakal tidur pada malam hari serta bangun pada pagi hari untuk memburu mangsa.

About admin