Home / Berita Umum / Kabid Humas Polda Papua Kombes Mustafa Kamal Menjelaskan Ada 28 Orang Karyawan PT Istaka Karta

Kabid Humas Polda Papua Kombes Mustafa Kamal Menjelaskan Ada 28 Orang Karyawan PT Istaka Karta

Kabid Humas Polda Papua Kombes Mustafa Kamal Menjelaskan Ada 28 Orang Karyawan PT Istaka Karta  РBeberapa karyawan PT Istaka Karya sudah sempat disandera sebelum dilakukan Grup Kriminil Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Kabupaten Nduga, Papua. Tangan mereka selalu terikat.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Mustafa Kamal menjelaskan ada 28 orang karyawan PT Istaka Karta di kamp mereka pada Sabtu (1/12). Waktu itu, penduduk seputar membuat pekerjaan bakar batu yang diawali dari jam 09.00 WIT sampai jam 15.00 WIT.

Beberapa karyawan PT Istaka Karya turut bakar batu itu. Tuntas acara bakar batu, KKB pimpinan Egianus Kogoya mendatangi kamp.

“Semua karyawan yang berada di kamp dikeluarkan serta diperintah untuk diikat, karyawan itu digiring, sampai ke Kampung Karunggame. Dikarungame mereka menginap dengan keadaan tangan terikat,” kata Kamal dalam info tertulisnya, Jumat (7/12/2018).

Besoknya, Minggu (2/12) seputar jam 08.00 WIT, semua karyawan yang disandera diperintah berjalan ke arah Puncak Kabo. Sesudah 2 jam perjalanan di lereng Bukit Kabo, mereka diperintah untuk berbaris serta jongkok.

“KKB lakukan tarian perang serta menyelesaikan satu-satu karyawan PT, korban yang masih tetap hidup waktu itu sangat cepat melarikan diri sekitar 3 orang, sebab KKB belumlah jauh dikerjakan pengejaran hingga yang 3 orang tertangkap serta dilakukan dalam tempat dengan memakai parang,” tuturnya.

Lalu bekasnya yang masih tetap hidup ada yang sukses melarikan diri. 2 orang kembali tertangkap dan dilakukan. Sesaat 6 orang yang lain sukses melarikan diri mengarah yang berlainan.

“4 orang sukses untuk selamat atas nama, Jimmy Aritonang, Martinus sampai, Ayub, serta Jefriyanto, 3 luka tembak, untuk Jimmy dalam kondisi sehat, 2 orang kembali atas nama Simanjuntak serta Hutagaol di prediksikan masih tetap hidup serta sampai sekarang ini belum juga diketemukan,” katanya.

Korban yang selamat itu berlindung serta jalan kaki mengarah pos TNI di Mbua. Malamnya, pos terserang, mendapatkan serangan dari KKB dengan tameng penduduk. Yang manakah, penduduk ikut juga melempar dengan batu dari semua arah pos.

Lantas berlangsung penembakan. Korban pertama ialah Serda Handoko, yang ke-2 Pratu Sugeng tertembak. Kontak tembak berlangsung pada jam 05.00 WIT sampai 21.00 WIT. Kontak tembak berhenti sebab hujan lebat.

About admin