Home / kesehatan / Jeruk Bali Adalah Pantangan Bagi Penderita CML | Kesehatan

Jeruk Bali Adalah Pantangan Bagi Penderita CML | Kesehatan

Jeruk Bali Adalah Pantangan Bagi Penderita CML | Kesehatan Pada pasien CML atau Chronic Myeloid Leukimia atau Leukimia Granulositik Kronik dalam bahasa Indonesia, terdapat 1 asupan yang harus dihindari yaitu jeruk bali. Lalu, kenapa seperti itu?

Seperti yang telah diungkapkan oleh dr. Nadia Ayu Mulansari, asupan yang mempunyai interaksi bersama imatinib mesylate yang dikonsumsi oleh pasien penderita CML yakni grape fruit juice maupun grapefruit. Jeruk bali adalah golongan grape fruit.

“Beberapa ada yang berkata jika delima termasuk dalam kelompok grapefruit, akan tetapi, tidak. Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, dikatakan terdapat kompenen grapefruit di situ yang akan bereaksi bersama dengan obatnya.”ujar Dr. Nadia.

Dia juga mengatakan jika grape fruit memang dapat bereaksi terhadap sejumlah obat kanker serta obat CML. Beberapa waktu yang lalu para ahli hematologi onkologi medik Rumah Sakit Kanker Dharmais yaitu dr. Hilman Tadjoedim berkata tidak hanya jeruk bali, terdapat beberapa larangan makanan maupun minuman untuk penderita CML.

Dr. Hlman mengatakan jika pada pengobatan kemoterapi mengkonsumsi makanan tidak akan dibatasi tetapi tetap, tidak berarti para pasien dapat mengkonsumsi makanan apapun tanpa ada kontrol dari dokter untuk tetap menjaga kondisi mereka ketika menjalani kemoterapi di rumah sakit guna penyembuhan penyakitnya.

About admin