Home / kesehatan / Fakta Atau Mitos Cabai Bisa Obati Sariawan

Fakta Atau Mitos Cabai Bisa Obati Sariawan

Jakarta Mungkin saja Anda sempat mendengar kalau cabai rawit percepat pengobatan sariawan atau dalam dunia medis dimaksud infeksi rongga mulut. Benar tidak ya?

Menyikapi hal itu, Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia, Drg. Rahmi Amtha, MDS, SpPM, PhD, menyebutkan cabai rawit tidak mengobati sariawan. Cabai rawit memanglah memiliki kandungan vitamin C, kata Rahmi, tapi tidak umum jadi obat sariawan

” Cabai rawit itu miliki dampak kuat seperti membakar. Dampak itu keluar dari kandungan senyawa capsaicin pada cabai rawit, ” tutur Rahmi di media workshop Infeksi Rongga Mulut (Sariawan) serta Referensi Penyembuhan yang Aman ditulis Rabu (14/3/2018).

Kapsaisin dalam cabai rawit memanglah berbentuk anti-oksidan. Karakter itu, kata Rahmi, bertindak mencegah radikal bebas sebagai satu diantara penyebabnya sariawan keluar.

Rahmi juga mengatakan satu riset di Amerika Perkumpulan yang menyebutkan kapsaisin bisa digabungkan dengan air serta jadikan jadi obat kumur pada sariawan. ” Tetapi itu kan diluar negeri, bila disini saya sendiri tidak mereferensikan, ” tegas Rahmi.

Alih-alih memakai cabai, Rahmi merekomendasikan menyembuhkan sariawan dengan konsumsi obat yang berbentuk antiseptik, anti-inflamasi serta antibiotik. Ke-3 obat dengan formula itu ampuh menangani sariawan rongga mulut.

Walau seringkali keluar, sariawan bukanlah bermakna tidak bisa dihindari. Rahmi menyebutkan ada dua langkah menghindar sariawan, yakni dengan menyikat gigi serta berkumur dengan obat kumur.

” Pemakaian obat kumur juga mesti sesuai sama tanda-tanda. Baiknya pakai obat kumur yang memiliki kandungan povidone iodine sejumlah satu %, ” tutup Rahmi.

About admin