Home / internasional / Erdogan : Iran Tak Mungkin Bisa Kalahkan ISIS Sendirian | Mancanegara

Erdogan : Iran Tak Mungkin Bisa Kalahkan ISIS Sendirian | Mancanegara

Erdogan : Iran Tak Mungkin Bisa Kalahkan ISIS Sendirian | Mancanegara Tayyip Erdogan selaku Presiden Turki berkata jika Irak tidak akan dapat mengalahkan ISIS, serta merebut lagi Mosul dengan sendirian. Mereka memerlukan dukungan dari internasional termasuk negaranya, Turki.

Pernyataan tersebut adalah sebuah pembelaan teranyar yang diungkapkan oleh Erdogan tentang peletakan puluhan ribu pasukan Turki yang ada di sekitar Mosul. Penempatan pasukan tersebut memperoleh kecaman keras dari pihak pemerintahan Iran. Berbicara ketika upacara di Rize, seperti yang telah dilansir Al Arabiya, Erdogan juga berkata jika pihaknya tak akan membiarkan organisasi teroris lain maupun ISIS untuk bisa berkuasa di Mosul serta wilayah lain yang ada di sekitarnya.

Peletakan pasukan Turki di daerah dekat Mosul sudah membuat hubungan yang terjadi antara Turki dan Irak kian memburuk. Irak mengatakan jika kiriman pasukan itu adalah sebuah bentuk agresi serta sebuah pelanggaran pada kedaulatan negara Irak. Hal ini karena Baghdad sudah meminta Turki untuk menarik mundur kembali pasukan yang mereka miliki serta mengatakan jika untuk saat ini mereka tidak memerlukan lagi bantuan Anakara ketika operasi pembebasan daerah Mosul.

Namun permintaan itu ditolak oleh pihak Turki, dimana Anarka mengatakan jika hanya akan menarik kembali pasukan yang mereka miliki seandainya ISIS telah hancur.

About admin