Home / indonesia / Dokter Andra: Minimnya Fasilitas Kesehatan |Peristiwa

Dokter Andra: Minimnya Fasilitas Kesehatan |Peristiwa

Dokter Andra: Minimnya Fasilitas Kesehatan |Peristiwa, Sekretaris Jenderal Ikatan Dokter Indonesia Daeng Muhammad Faqih, beranggapan buruknya sarana transportasi di daerah terpencil menghambat evakuasi dokter Dionisius Giri Samudra. Dokter muda yang biasa dipanggil Andra itu wafat kala menjalankan pekerjaan di Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Propinsi Maluku, terhadap Rabu, 11 Nopember 2015.

“Pemerintah belum mempunyai system evakuasi. Bersama keterbatasan tersebut, dokter Andra mesti dirawat seperti itu,” kata Daeng ketika pelepasan jenazah dokter Andra di Kargo Lion Air Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat 13 Nopember 2015.

Menurut Daeng, selayaknya pemerintah memiliiki media transportasi buat evakuasi waktu ada masalah medis di daerah pedalaman. Menurut dirinya, media tersebut sanggup berupa pesawat atau helikopter yang di lengkapi perlengkapan medis. “Fasilitas ini mampu dimanfaatkan waktu evakuasi dengan kiat biasa tak dapat dilakukan,”katanya.

Dari kejadian yang menimpa Andra tersebut, Daeng pula meminta pemerintah memberikan standar penghormatan dan reward berupa jaminan untuk dokter yang bertugas di pedalaman. “Karena senantiasa berisiko kecelakaan dan penyakit,” jelasnya. Menurut Daeng, sampai kini pemerintah belum sempat memberikan media tersebut.

About admin