Home / Berita Umum / Daftar UMK Jawa Barat

Daftar UMK Jawa Barat

Daftar UMK Jawa Barat – Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Depok Diah Sadiah menuturkan, pemerintah memberi anjuran penghasilan pribadi sebesar Rp 2, 9 juta utk pekerja di perusahaan garmen. Penghasilan pribadi ini diperlakukan berdasarkan pada persetujuan pada pemerintah, pebisnis, juga perwakilan perkumpulan pekerja. ” Kami cuman mengatakan kritikan, sekarang masih dalam sistim pengkajian, ” ujar Diah, Jumat, 14 Juli 2017.

Pernyataan Diah itu sekalian meralat informasi yg ia tambahkan terlebih dahulu. Kala itu Diah menuturkan, penghasilan pribadi utk buruh di perusahaan garmen di Kota Depok nilainya kira-kira Rp 1, 4 juta per bln.. ” Udah terkait. Nilainya di bawah UMP Jawa Barat (Rp 1, 4 juta) , akan tetapi tidak terlampau jauh, ” paparnya. Penghasilan pribadi ini tidak hanya berlaku di Depok, akan tetapi juga di Kabupaten Bogor, Kabupaten Purwakarta, juga Kota Bekasi.

Menurut Diah, angka Rp 1, 4 juta itu tak masuk akal berkat penghasilan pekerja garmen pada 2016 saja Rp 2, 7 juta. Sementata survey hidup layak di Kota Depok th. ini Rp 2, 9 juta. ” Kalau saksikan survey hidup layak, harusnya besaran penghasilan naik dari th. kemarin, ” kata Diah.

Menurutnya, seluruhnya pihak musti mengamati kesejahteraan hidup layak seperti sama hasil survey di semasing kota. Pada bagian beda, pebisnis mesti tetap memelihara produksi biar tak berjalan pemutusan interaksi kerja.

Penetapan penghasilan buruh pabrik garmen ini udah dibicarakan di rapat yg di hadiri Wakil Presiden Juiceuf Kalla, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, juga Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Kecuali itu, turut ada wali kota juga bupati di Jawa Barat, Asosiasi Pebisnis Indonesia (Apindo) , serta perwakilan perkumpulan pekerja.

Akan tetapi, utk penghasilan pekerja garmen di Depok, kedepannya akan juga diputuskan oleh gubernur. ” Kami cuman mengatakan kritikan berdasarkan pada persetujuan pebisnis dengan perkumpulan pekerja, ” paparnya.

Diah menekankan penghasilan pribadi buruh garmen tak lagi di bawah penghasilan sekurang-kurangnya provinsi yg nilainya cuman Rp 1, 4 juta. ” Masih mendekati Rp 3 juta, yg diusulkan, ” ucapnya. Perihal penghasilan sekurang-kurangnya Kota Depok saat ini mencapai Rp 3, 29 juta.

About admin