Home / kesehatan / Buang Air Kecil 2-3 Kali Sehari Bisa Tanda Dehidrasi

Buang Air Kecil 2-3 Kali Sehari Bisa Tanda Dehidrasi

Buang air kecil wajar dilakukan seseorang dikarenakan memang proses alami tubuh dalam membuang zat-zat sisa berbentuk urine. Hanya saja, bagaimana bila dalam sehari, seseorang hanya buang air kecil dua sampai tiga kali saja?

Dr Gina Sam, MD, MPH, direktur Mount Sinai Gastrointestinal Motility Center mengatakan kalau hal tersebut berarti dehidrasi. Ditambah dengan warna urine kuning pekat pertanda tak minum cukup cairan terutama air.

Sam menyatakan memang tak ada patokan normalnya seseorang buang air kecil. Tetapi, terkadang saat seseorang minum banyak air, bisa jadi akan buang air kecil tiap jam atau dua jam sekali. Dengan proses alami tubuh, termasuk di dalamnya ginjal yang mengeluarkan elektrolit, maka makin banyak minum cairan, seseorang dapat lebih sering membuang air kecil.

Saat bolak-balik ke kamar mandi, memang tidak dipungkiri akan sangat mengganggu. Kendati demikian Sam tetap menyarankan konsumsi paling tidak 8 gelas air putih sehari. Patut diingat juga jika asupan cairan tak hanya berasal dari air saja namun juga dari buah dan sayur yang dikonsumsi.

Sam pun mengatakan tak baik kebiasaan menahan keinginan untuk buang air kecil karena hal tersebut akan membuat kandung kemih menjadi tidak sehat dan memicu munculnya kencing batu.

About admin