Home / internasional / Bangladesh beli pesawat angkut dari Airbus Military l Militer

Bangladesh beli pesawat angkut dari Airbus Military l Militer

Bangladesh beli pesawat angkut dari Airbus Military l Militer Beberapa waktu lalu pemerintah Bangladesh mengumumkan membeli satu unit pesawat angkut jenis c-296 dari Airbus. Pesawat angkut ini dibeli untuk menambah alutsista militer Bangladesh. Peswat angkut ini diharapkan bisa membantu keperluan mobilitas pasukan dan logistik operasi militer.

Keputusan Bamgladesh membeli pesawat angkut ini terjadi Oktober 2016 kemarin. Pesawat yang dipesan dalam konfigurasi pesawat angkut ini diharapkan datang pada 2017 mendatang oleh pemerintah Bangladesh. Dalam kontrak tersebut juga disebutkan pihak Airbush akan memberikan support untuk perawatan pesawat.

Bangladesh menjadi Negara ke sembilan yang membeli dan mengoperasikan pesawat angkut jenis ini. Peswat angkut ini akan dioperasikan oleh divisi penerbangan angkatan darat Bangladesh.

Bagi Airbus, keberhasilan menjual pesawat angkut ini semakin menambah kostumer. Di Asia Tenggara sendiri, Indonesia, Thailand, Malaysia dan Filipina menjadi pengguna dari pesawat jenis ini. Sebagian komponen dan badan pesawat merupakan buatan PT. Dirgantara Indonesia. C-296 sendiri sudah memperkuat alutsista TNI sejak 2014 lalu.

Pesawat angkut c-295 ini merupakan pesawat angkut kelas menengah yang mampu mengankut kargo sampai 9 ton, atau pasukan bersenjata lengkap sebanyak 71 orang. Peswat angkut ini merupakan pengembangan dari pesawat angkut jenis c-235 hasil kerja sama antara PT. Dirgantara Indonesia dengan Casa Spanyol.

About admin