Home / Berita Umum / Banda Aceh Hargai Kantong Plastik Seharga Rp.5000 Untuk Kurangi Sampah

Banda Aceh Hargai Kantong Plastik Seharga Rp.5000 Untuk Kurangi Sampah

Masyarakat memang kerap kali membuang sampah semabrangan, tanpa memiliki inisiatif untuk melakukan daur ulang terhadap sampah tersebut sehingga membuat tempat pembuangan sampah menjadi menumpuk. Nah, kali ini di Banda Aceh mulai menerapkan harga yang tinggi kepada barang kantong plastik dimana harga dinaikkan sebesar Rp.5000.

Tekad untuk mengurangi penggunaan kantong plastik bakal secara bersamaan dilakoni di sebanyak 22 kota yang ada di wilayah Indonesia. Salah satu kota yang bakal dilakukan uji coba atas pematokan harga pada kantong plastik tersebut ialah kota Banda Aceh.

Illiza Sa’aduddin Djamal selaku Wali Kota Banda Aceh merasa, bahwa harga yang dipatok untuk setiap penggunaan kantong plastik masih cukup tentatif. “Untuk harga plastik masih kami rapatkan. Pembahasandi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kemarin ebesar Rp 500 sampai Rp 5.000,” ungkap Illiza pada wartawan Kompas.com, hari Senin (25/1/2016) lalu.

Illiza menilai, bahwa pematokan harga ini harus tepat, jangan sampai sangat murah atau sangat mahal bagi masyarakat. Ia merasa, bukan harganya yang paling penting, namun kesadaran untuk mengawali pengurangan pemakaian kantong plastik lebih dulu.

About admin