Home / teknologi / Anti Oksidan Bahan Ekstrak Kayu Secang |Teknologi

Anti Oksidan Bahan Ekstrak Kayu Secang |Teknologi

Anti Oksidan Bahan Ekstrak Kayu Secang |Teknologi, Mahasiswa Fakultas Farmasi Kampus Halu Oleo Kendari, Dwi Rizkah Nur dan teman-teman, sukses memformulasikan ekstrak kayu sepang atau secang jadi lotion anti-oksidan. Menurut Dwi, kayu sepang Caesalpinia sappan mengandung senyawa golongan flanoloid, khususnya senyawa Brazilian yang berpotensi mengandung antioksidan.

“Lalu terpikir buat mengembangkan ekstrak sepang jadi lotion anti-oksidan dan diusulkan ke Acara Kreativitas Mahasiswa,” kata Dwi, Kamis, 8 Oktober 2015.

Proses pemanfaatan kayu sepang jadi lotion dimulai dari sortasi basah, pencucian, perajangan, sortasi kering, dan proses ekstraksi. seterusnya, baru diuji kadar anti-oksidannya dan diformulasikan jadi lotion. Di Sulawesi Tenggara, kayu sepang tidak sedikit diperlukan buat pewarna minuman. Kayu ini pun diakui mampu mengobati sekian banyak penyakit maka tidak sedikit dimakan penduduk setempat.

Penelitian ini mengantarkan Dwi cs menyisihkan puluhan ribu proposal penelitian lain dari semua Indonesia dalam Minggu Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-28 di UHO, yang digelar 5-9 Oktober 2015. Dwi menjelaskan, munculnya konsep buat meneliti kayu sepang berawal dari kunjungan temannya ke rumah nenek. Kawan Dwi disuguhi minuman berbahan kayu itu. Sebab penasaran, mereka hasilnya mencari literatur di Internet dan meraih kandungan anti-oksidan di dalam kayu tersebut. 

About admin