Home / Berita Umum / 64 Kapal dan 6 Dermaga Akan Dioperasikan Demi Kelancaran Arus Mudik Nataru

64 Kapal dan 6 Dermaga Akan Dioperasikan Demi Kelancaran Arus Mudik Nataru

64 Kapal dan 6 Dermaga Akan Dioperasikan Demi Kelancaran Arus Mudik Nataru – Melawan libur Natal serta Tahun Baru (Nataru) 2018, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak mempersiapkan beberapa gagasan. Sekitar 64 kapal serta 6 dermaga akan dioperasikan untuk kelancaran arus mudik Nataru.

Di Pelabuhan Penyeberangan Merak sendiri, jumlahnya dermaga ialah 7, akan tetapi ada satu dermaga yang yaitu dermaga 4 yang alami rusaknya hingga tidak dapat dipakai.

“Tapi nanti di angkutan Natal serta Tahun Baru ini dermaga baru kami dermaga 7 kami membuka sesudah tuntas pekerjaan Natal serta Tahun Baru dermaga 7 kami teruskan kembali bertepatan dengan dermaga 4,” kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Fahmi Alweni pada wartawan di Merak, Kamis (13/22/2018).

Sebetulnya, dermaga 7 masih juga dalam proses pembangunan. Akan tetapi, sebab dermaga 4 tidak dapat dipakai jadi dermaga 7 digunakan supaya tidak berlangsung penimbunan penumpang di Pelabuhan Merak.

“Tapi nanti di angkutan Natal serta Tahun Baru ini dermaga baru kami dermaga 7 kami membuka sesudah tuntas pekerjaan Natal serta Tahun Baru dermaga 7 kami teruskan kembali bertepatan dengan dermaga 4,” katanya.

Selain itu, berkaitan jumlahnya kapal yang akan dioperasikan, pihak ASDP telah mempersiapkan 69 kapal. Akan tetapi, 5 kapal tengah docking hingga cuma 64 kapal yang siap beroperasi. Dari 64 kapal itu, lanjut ia, pada 28 Desember yang akan datang, kapal-kapal dibawah 5 ribu gross ton (GT) dilarang beroperasi.

“Kapal yang siap dari 69 kira-kira 5 kapal docking hingga 64 kapal yang siap. Tapi saat tgl 28 Desember kelak itu kapal-kapal dibawah 5 ribu GT itu tidak diizinkan untuk berlayar hingga nanti kira-kira tinggal 50 kapal tetapi dalam perhitungan kami masih tetap cukuplah,” katanya.

Dengan 50 kapal itu, Fahmi masih tetap yakini cukuplah untuk mengangkat beberapa penumpang yang akan melintas ke Sumatera lewat Pelabuhan Merak.

“Tetapi saya meyakini jika kapal-kapal yang nanti dipakai saat Nataru ini tentu kapal-kapal siap beroperasi,” katanya.

About admin